Haram dan berdosa : menampakkan rahasia orang lain lebih buruk daripada menampakka
n rahasia pribadi. disebut KHIANAT apabila disuruh merahasiak
annya dan disebut NAMIMAH jika tidak :
وَإِظْهَارُ الرَّجُلِ سِرَّ غَيْرِهِ أَقْبَحُ مِنْ إظْهَارِهِ سِرَّ نَفْسِهِ؛ لِأَنَّهُ يَبُوءُ بِإِحْدَى وَصْمَتَيْنِ: الْخِيَانَةُ إنْ كَانَ مُؤْتَمَنًا، أَوْ النَّمِيمَةُ إنْ كَانَ مُسْتَوْدَعًا
Ref : Adabud-Dunya wad-Din, oleh Al-Qadi Abul-Hasan al-Mawardi.
khianat dan namimah hukumnya HAROM dan ancamannya dari definisi harom, DISIKSA jika dikerjakan.
اعلم أن الذكر باللسان إنما حرم لأن فيه تفهيم الغير نقصان أخيك وتعريفه بما يكرهه فالتعريض بِهِ كَالتَّصْرِيحِ وَالْفِعْلُ فِيهِ كَالْقَوْلِ وَالْإِشَارَةِ وَالْإِيمَاءِ وَالْغَمْزِ وَالْهَمْزِ وَالْكِتَابَةِ وَالْحَرَكَةِ وَكُلُّ مَا يُفْهِمُ الْمَقْصُودَ فَهُوَ دَاخِلٌ فِي الْغِيبَةِ وَهُوَ حَرَامٌ
(Ihya' Ulumuddin Al-Ghazali)
illat keharamannya itu apabila menimbulkan ketidakrelaan siempunya rahasia (lihat ibarot Ihya' diatas). apabila ada unsur minta solusi jalan keluar, nasehat, minta tolong dsb,demikian boleh. Sedangkan Rahasia itu adalah AMANAT baik itu rahasia keluarga sendiri.
إذا حدث الرجل بالحديث ثم التفت فهي أمانة
Bilamana seorang membicarakan sesuatu kemudian dia menoleh kepadanya maka itu adalah amanah (HR. Abu Dawud)
Wallaahu A'laamu BIS showaab.